Sabtu, 23 Maret 2013

Pembahasan Memahami Isi kandungan Al-Qur'an



         Sebelum menuju ke inti permasalahan, terlebih dahulu saya ingin bertanya dan anda cukup menjawab nya di dalam hati, Manakah yang lebih menarik bagi anda, Mempelajari dan memahami Al-Qur’an ? atau Mempelajari dan memahami buku yang sedang populer?.Saya rasa tentu banyak dari anda sekalian yang menjawab dengan setuju terhadap pilihan pertama (Alhamdulillah) dan mudah-mudahan jawaban anda tadi sesuai dengan tindakan anda yang sebenarnya.Karena banyak sekali manusia yang mulai menjauhi Al-Qur’an dan mementingkan kitab-kitab dunia yang dibuat oleh manusia itu sendiri, padahal Al-Qur’an adalah pedoman umat manusia untuk bahagia di dunia dan di akhirat.Jadi mengapa sekarang bertambah banyak umatt manusia yang berusaha memperoleh kebahagiaan dengan berpedoman kepada selain Al-Qur’an,saya tidak dapat menjawabnya, tapi yang jelas Al-Qur’an dapat memberikan kebahagiaan dalam hidup kita apabila dipelajari dan diamalkan dengan benar.Dalam upaya memahami isi kandungan Al-Qur’an ada beberapa tahapan yang perlu kita jalani antara lain:
1.   Pertama, kita harus mengetahui dan memahami bahwa islam adalah satu-satunya agama yang mendapat rida Allah swt.
2.   Tahap ke dua, kita harus mengetahui adab membaca Al-Qur’an.
3.   Tahp ketiga, kita harus mengetahui dan memahami bahwa di dala Al-Qur’an itu banyak seklai surah atau ayyat yang mengandung perummpamaan atau berupa peruimpamaan.
4.   Tahap ke empat, kita harus menggunakan akal ketika mempelajari dan memahami Al-Qur’an.
5.   Tahap kelima, kita harus mengetahui bahwa di dalam Al-Qur’an banyak ayat-ayat mutasyabihatt (tidak langsung diartikan) dan ayat yang mengandung himah.
6.   Tahap keenam, kita harus mengetahui bahwa Al-Qur’an tidak diturunkan untuk menyusahkan manusia , melainkan untuk mendahulukan perintah yang mudah dan tegas untuk dilaksanakan.
7.   Tahap ke tujuh, kita hharus menggetahui bahwa di dalam Al-Qur’an itu isinya ada dua macam yaituu ayat yang muhkamah (ayat-ayat yang tegas dan jelas) dan ayat mutasyanihat (ayat-ayat yang masih perlu penafsiran).
8.   Tahap kedelapan, kita harus menjlankan isi kandungan Al-Qur’an sesuai dengan keadaan dan kesanggupannya masing-masing.

Sumber; Buku Pendidikan agama Islam SMA Untuk SMA/MA kelas XI semster 2

Sekian postingan kali ini,semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentarJ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label